F1 GP Hungaria: Vettel Kehilangan Posisi Runner-up, Hamilton Penggantinya

0
48
sebastian vettel dq
(Foto: REUTERS/CHRISTIAN BRUNA)

Sorotan24.com, Indonesia Dilansir dari sport.detik.com. Sebastian Vettel didiskualifikasi dari balapan Formula 1 GP Hungaria 2021. Pembalap aston Martin itu melanggar peraturan soal bahan bakar, sehingga dia kehilangan podium keduanya.

Balapan yang dilaksanakan Hungaroring, Minggu (1/8/2021), Vettel yang star di urutan ke 10 dan berhasil finis di podium kedua, dibelakang Esteban Ocan. Podium ketiga di tempati oleh sang juara bertahan, Lewes Hamilton.

Baca Juga : Kata Sang Agen, Tidak Mudah Untuk Menjual Ben White ke Arsenal

Namun beberapa jam kemudian, situs resmi F1 mengumumkan bahwa Vettel didiskualifikasi karna gagal melakukan tes bahan bakar sesuai balapan.

Pada peraturan Formula 1 nomor 6.6.2, setiap konstruktor harus menyediakan 1 liter sampel bahan bakar yang akan di ambil dari mobil, kapanpun diminta selama balapan.

Namun pada saat itu Aston martin hanya bisa mengambil 0,3 liter dari mobil vettel. menurut perhitungan mereka ada 1,44 liter yang tersisa pada mobil. karna itu Vettel didiskualifikasi dari balapan F1 Hungaria 2021.

sehingga hasil balapan berubah. Posisi pertama tetap Ocan, Hamilton naik posisi kedua, dan posisi ketiga ditempati oleh pemabalab Ferrari, Carlos Sainz.

Posisi 4 sampai 10 di tempati oleh Fernando Alonso (Alpine), Pierre Gasly (Alphatauri), Yuki Tsunoda (Alphatauri), Nicholas Latifi (Williams), George Russell (Williams), Max Verstappen (Red Bull Racing), dan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo).

Dengan demikian Klasemen sementara sekarang di tempati oleh Hamilton di posisi pertama setelah menambah 18 poin dan total poin nya sekrang 195, berselisih 11 poin dengan rival beratnya, Verstappen dengan total poin 187 poin.

Aston Martin akan melakukan banding atas keputusan ini.

Follow Us
Instagram
 | Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here