Nadiem: Tidak Ada Sama Sekali Kebijakan Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah

Sorotan24.com, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa tidak ada kebijakan regulasi ataupun perencanaan terkait penghapusan mata pelajaran sejarah dalam kurikulum nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Nadiem melalui video yang diunggah di akun Instaram @nadiemmakarim, Minggu (20/9/2020).

“Saya ingin mengucapkan sekali lagi, bahwa tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan, penghapusan mata pelajaran sejarah kurikulum nasional,” kata Nadiem.

Nadiem mengatakan, kabar yang beredar merupakan salah satu permutasi dari penyederhanaan kurikulum.

 

“Isu tersebut keluar karena ada presentasi internal yang keluar ke publik dengan salah satu permutasi penyederhanaan kurikulum,”

Ia juga mengatakan, pihaknya memiliki puluhan versi berbeda yang sedang melalui uji publik. Dan dari puluhan versi berbeda tersebut semuanya belum tentu permutasi tersebut yang menjadi final.

“Kami punya banyak puluhan versi yang berbeda sekarang yang sedang melalui FGD dan uji public. Semuanya belum tentu menjadi final.

Penyederhanaan kurikulum tersebut tidak akan dilakukan hingga tahun 2022. Dan di 2021 pihaknya akan melakukan prototyping di sekolah-sekolah yang terpilih dan bukan dalam skala nasional.

Nadiem menegaskan, tidak ada kebijakan apapun yang akan keluar di 2021 dalam skala kurikulum nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.