Satgas: Penyebab Terjadinya Penularan Covid-19 Pada Klaster Perkantoran

Sorotan24.com, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmitu mengatakan alasan mengapa klaster perkantoran marak terjadi penularan virus Covid-19. Hal itu dikarenakan kurangnya kedisplinan para pekerja untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat istirahat makan siang dan juga pada waktu beribadah.

“Kami juga perlu sampaikan klaster yang terjadi di perkantoran salah satu kontribusinya adalah pada saat istirahat makan siang ataupun ibadah,” kata Wiku lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/9/2020).

Selain itu, alasan lain yaitu jumlah pekerja yang masuk kantor melebihi kapasitas yang ditentukan sehingga upaya untuk menjaga jarak sulit untuk dilakukan karena kepadatan pekerja.

 

Oleh karena itu, Wiku meminta para pimpinan  lembaga negara, BUMN, dan perusahaan untuk mematuhi aturan terkait kapasitas maksimal jumlah pekerja yang diperbolehkan berkantor.

Dalam Surat Edaran No. 67 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN dalam Tataran Normal Baru. Dijelaskan bahwa presentase kehadiran untuk zona hijau maksimal 100 persem, untuk zona kuning maksimal 75 persen, lalu zona oranye 50 persen, dan untuk zona merah adalah 25 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.