Terlihat Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Introvert dan Social Anxiety

perbedaan introvert dan social anxiety

Sorotan24.com, Indonesia – Apa kalian suka menikmati waktu sendiri? Apa sih yang menjadi alasan kalian lebih suka menghabiskan waktu sendirian? Merasa lebih nyaman sendiri? Merasa gelisah ketika berada di keramaian? Atau ketakutan berinteraksi dengan orang lain?

Jika kalian memang menyukai menikmati sendiri maka kalian adalah seseorang dengan kepribadian introvert. Jika kalian merasa gelisah saat dihadapkan dengan situasi sosial sehingga memilih untuk menghindar dan menyendiri maka mungkin kalian mengidap social anxiety. Tapi belum tentu juga kalian mengidap social anxiety, mungkin saja pada beberapa situasi kalian memang sedang lelah menghadapi situasi sosial. Jadi, daripada kalian melakukan self diagnose, kalian bisa mencari tau lebih lanjut melalui konsultasi dengan ahlinya.

Meski begitu, kalian juga bisa tau loh perbedaan secara umum dari introvert dan social anxiety. Mau tau apa bedanya? Dilansir dari BeautyJournal.id, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Tindak Pencegahannya

Apa itu introvert?

Apa itu introvert?
Sumber: Unsplash/ Sean Kong

Introvert adalah kepribadian seseorang yang cenderung lebih suka menyendiri atau focus pada dunianya sendiri. Seorang introvert bukan berarti tidak dapat berbicara dengan orang lain atau tidak bisa melakukan interaksi sosial. Introvert bisa melakukan semua hal itu, hanya saja ia lebih memilih untuk menikmati waktunya sendiri.

Ketika berada dalam suasana ramai, seseorang dengan kepribadian introvert biasanya akan merasa energinya berkurang sehingga mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi kembali energinya. Maka dari itu, introvert dikatakan lebih nyaman menikmati dan mengisi waktu luangnya sendiri dibanding bersama orang lain.

Apa itu social anxiety?

apa itu social anxiety
Sumber: freepik

Berbeda dengan introvert yang merupakan sebuah kepribadian seseorang, social anxiety atau dikenal juga sebagai gangguan kecemasan sosial ini merupakan kondisi psikologis dimana seseorang dengan gangguan mental ini akan merasa takut, cemas, dan gelisah ketika berinteraksi dengan orang lain.

Penderita social anxiety juga akan merasa ketakutan, merasa terus diawasi atau memiliki kesadaran yang tinggi akan penilaian negatif orang lain terhadap dirinya hingga mereka cenderung memilih untuk menghindar dari orang banyak dan akan merasa lebih tenang ketika sendirian.

Social anxiety yang cukup parah dapat mengakibatkan perasaan rendah diri hingga depresi yang cukup parah sehingga dalam hal ini memang sangat dibutuhkan bantuan profesional dalam pengobatannya. 

Apa perbedaan introvert dan social anxiety?

Sering dikatakan mirip, nyatanya introvert dan social anxiety ini sangat berbeda. Agar tidak salah sangka, mari simak perbedaan introvert dan social anxiety berikut ini.

1. Introvert merupakan bawaan sejak lahir sedangkan social anxiety merupakan sebuah bentukan.

Poin pertama ini menunjukkan perbedaan bahwa introvert merupakan kepribadian seseorang yang sudah menjadi bawaan sejak lahir dan memengaruhi cara orang itu bertindak atau berinteraksi sedangkan social anxiety bisa saja memiliki hubungan dengan dengan gen namun hubungan gen ini bisa tidak muncul apabila tidak ada pemicu seperti kejadian-kejadian yang bersifat traumatis.

2. Introvert tidak peduli pada pandangan orang lain sedangkan social anxiety merasa takut pada pandangan orang lain terhadap dirinya.

Poin kedua ini menyatakan bahwa seorang introvert biasanya tidak akan ambil pusing atau peduli akan pendapat orang lain terhadap dirinya sedangkan seorang penderita social anxiety akan merasa takut, khawatir, serta gelisah karena terlalu memikirkan bagaimana cara membuat orang lain bisa menyukai mereka.

3. Introvert menikmati kesendirian sedangkan social anxiety tidak terlalu menikmati kesendirian.

Untuk poin terakhir, keduanya memang menyukai kesendirian tetapi bagi seorang introvert, menikmati waktu mereka sendirian merupakan sebuah kebutuhan. Namun bagi penderita social anxiety, menghabiskan waktu sendirian adalah cara mereka untuk kabur dari situasi sosial.

Itulah perbedaan dari introvert dan social anxiety. Dapat disimpulkan bahwa memang keduanya memiliki ciri yang sama yang itu cenderung suka menyendiri dan pendiam. Namun nyatanya, keduanya sangat bertolak belakang. Jika introvert menghabiskan waktu sendiri untuk mengisi energinya, maka social anxiety menghabiskan waktu sendiri sebagai pilihannya untuk kabur dari masalah kegelisahannya akan situasi sosial. Jadi, apa kalian sudah dapat membedakan keduanya? Adakah perbedaan lain yang membedakan keduanya menurut kalian? Yuk tulis komentar kalian di bawah ini, dan jangan lupa untuk share artikel ini ya!

 

Follow Us
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published.