Liverpudlian Harus Tau Sejarah Klubnya Yang Dia Dukung

Sorotan24.com, Jakarta – Liverpool FC, merupakan salah satu klub sepakbola profesional asal kota Liverpool di kawasan Merseyside, Inggris. Liverpool menjadi salah satu klub terbaik baik di Inggris maupun di Eropa. Klub ini juga memiliki jutaan fans di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris saja, dimana para penggemar Liverpool disebut sebagai The Kop.

Liverpool telah mengoleki 18 trofi liga Inggris dan menjadi klub Inggris dengan gelar juara Liga Champions terbanyak, dengan total 5 gelar juara UCL. Berikut ini merupakan info sejarah Liverpool lengkap dari mulai berdiri di tahun 1892 sampai sekarang di era sepakbola modern.

Liverpool pertama kali dibentuk pada tahun 1892. Awalnya klub ini dibentuk karena adanya perpecahan di jajaran petinggi Everton, klub dari kota Liverpool yang lebih dulu ada. Konflik antara presiden klub Everton saat itu, John Houlding dan petinggi klub lain pun terjadi.

Everton yang menempati stadion Anfield kemudian harus pindah ke Goodison Park dan pada saat yang sama, Houlding membentuk klub baru bernama Liverpool FC untuk bermain di Stadion Anfield.

Nama awal klub yang digunakan adalah Everton FC and Athletic Grounds Ltd atau disingkat Everton Athletic, namun hanya bertahan beberapa bulan saja sebelum berganti nama menjadi Liverpool FC pada bulan Maret 1892.

Sejak musim 1893-1894, mereka resmi bergabung di kompetisi Liga Inggris di Divisi 2. Liverpool langsung promosi ke Divisi Utama dan berhasil menjadi juara Liga Inggris di tahun 1901 dan 1906, dua trofi liga pertama dalam sejarah Liverpool.

Klub ini sempat meraih kesuksesan di periode 1920-an dengan meraih 2 gelar juara liga lagi. Namun prestasi mereka sempat menurun, terutama di era Perang Dunia II. Setelah sempat juara lagi di tahun 1947, Liverpool justru terdegradasi di tahun 1954 dan bertahan di Divisi 2 selama lima musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.