Pencinta BundesLiga Harus Tau Nih Sejarahnya

Sorotan24.com, Jakarta – Bundesliga adalah Liga Sepak Bola profesional di Jerman. Liga ini adalah liga teratas pada sistem liga sepak bola di Jerman dan merupakan kompetisi utama sepak bola Jerman. Bundesliga yang diikuti oleh 18 klub dan menggunakan sistem promosi dan degradasi dengan 2.Bundesliga.

Musim berjalan dari bulan Agustus sampai Bulan Mei, banyak pertandingan dimainkan pada hari sabtu dan minggu, beberapa pertandingan dimainkan pada hari kerja. Untuk semua klub Bundesliga lolos ke DFB-Pokal dan untuk Juara Bundesliga berhak ke DFL-Supercup.

Ada total 54 klub yang berkompetisi di Bundesliga sejak didirikannya. FC Bayern Munchen merupakan klub dengan Gelar Juara terbanyak dengan raihan 25 kali juara Bundesliga.

Namun Bundesliga juga telah melahirkan beberapa juara baru seperti Borussia Dortmund, Hamburger SV, Werder Bremen, Borussia Monchengladbach dan VfB Stuttgart merupakan beberapa tim yang paling menonjol diantara semua tim Bundesliga.

Bundesliga merupakan salah satu liga nasional teratas di jerman, dan juga saat ini menempati peringkat kedua di Eropa menurut peringkat UEFA, penilaian peringkat ini berdasarkan penampilan tim-tim Bundesliga di kompetisi Eropa selama lima musim terkahir.

Bundesliga saat ini adalah liga sepak bola nomer satu di dunia dalam hal rata-rata kehadiran, dari semua olahraga. Liga ini mencatat kehadiran rata-rata 45.134 penggemar dalam setiap pertandingan selama musim 2011-12 adalah yang tertinggi kedua dari setiap liga olahraga di dunia.

Bundesliga didirikan pada tahun 1962 di Dortmund dan musim pertama dimulai pada tahun 1963. Struktur dan Organisasi Bundesliga bersama Liga sepak bola Jerman lainnya telah mengalami perubahan hingga saat ini. Awalnya Bundesliga didirikan oleh Deutscher Fußball – Bund (Asosiasi Sepak Bola Jerman) tapi sekarang dioperasikan oleh Deutsche Fußball Liga (Liga Sepak Bola Jerman).

Leave a Reply

Your email address will not be published.