Presiden Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG di Batang

Presiden Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG di Batang

Sorotan24.com, Indonesia dilansir dari CNBC Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan investasi konsorsium LG Energy Solution membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Adapun nilai investasi yang bakal digelontorkan perusahaan asal Korea tersebut mencapai US$ 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

Jokowi bilang, bahwa investasi LG di Indonesia merupakan investasi pertama di dunia yang sudah terintegrasi, di mulai dari penambangan nikel, pembangunan smelter, prekusor pabrik katoda hingga pabrik pembuatan baterai listrik sampai mobil listrik.

“Masih ditambah lagi industri daur ulang baterai. Ini dari hulu sampai hilir end to end semuanya dikerjakan dalam investasi ini,” ungkap Jokowi dalam Seremoni Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi di KIT Batang, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Dokter Lois Owien Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Kanker Rahim

 

Presiden RI Mengungkap Investasi

Jokowi mengungkapkan investasi pengembangan pabrik baterai oleh konsorsium LG ini menembus sangat besar, atau menembus US$ 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

“Dan yang paling saya senangi adalah menyerap tenagakerja kita sampai 20 ribu orang, ini jumlah yang tidak kecil. Di mana-mana di dunia saat in pembukaan lapangan kerja merupakan kunci. Dan yang saya senang investasi dari hulu ke hilir tersebar di beberapa kawasan negara kita,” ungkap Jokowi.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa pembangunan ekosistem baterai mobil listrik sudah dimulai sejak Hyundai melakukan produksi mobil listriknya di Indonesia. Namun, Bahlil mengakui bahwa banyak pihak yang belum ikhlas jika Indonesia menjadi pusat ekosistem baterai mobil listrik dunia.

 

Presiden Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG di Batang
(Sumber :Suara.com)

Bahlil menjamin bahwa investasi yang digelontorkan oleh LG tersebut akan sangat transparan. Pasalnya, hal tersebut melibatkan berbagai pihak seperti BUMN dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP.

Di samping itu, ia juga mencatat bahwa dampak ekonomi yang didapat dari investasi LG setiap tahunnya dapat mencapai US$ 5,6 miliar dari total US$ 9,8 miliar. “Menyerap 20 ribu tenaga kerja khusus untuk LG ini. Kolaborasi LG dan UMKM juga jalan,” kata dia.

Follow Us
Instagram
 | Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published.